Kamis, 29 April 2010

Menpora: Organisasi Pemuda Kurang Volunterism

LEMBANG- Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II, Andi Malarangeng, menilai organisasi pemuda di Indonesia kurang memiliki kepekaan dalam hal volunterism atau kesukarelawanan. Hal itu diungkap Andi, saat memberikan sambutannya di Pembukaan Muktamar XIV Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Kamis (22/4) siang.

Andi mengimbau agar organisasi-organisasi pemuda seperti IMM, tidak hanya menekankan fungsi-fungsi akademis. Akan tetapi, tambah Andi, peran-peran dalam masyarakat, seperti menjadi sukarelawan, dapat lebih ditingkatkan.

"Selama ini yang memiliki kepedulian itu adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Sedangkan LSM tidak memiliki jaringan yang luas seperti organisasi pemuda. Karena LSM hanya memiliki jaringan tingkat lokal saja," ujarnya.

Kementerian yang tengah dipimpinnya, jelas Andi, sedang mengembangkan program sukarelawan yang dilakukan oleh organisasi pemuda. Ia menambahkan, program ini akan mencakup berbagai bidang, sebut saja pendidikan dan kesehatan. "Kader-kader muda IMM diharapkan dapat melaksanakan tugas-tugas kesukarelawanan dalam waktu senggangnya," imbaunya sambil berkelakar akan menantang pengurus baru IMM untuk bertanding futsal dengan jajaran pengurus Menpora.

Din Syamsudin pun menanggapi sambutan Andi Malarangeng dalam tausyiah atau pidato kebangsaannya. Ia menilai Muhammadiyah, termasuk IMM, telah menjadi sukarelawan yang cukup baik. Bahkan, ia berkelakar, saking banyaknya sampai menyaingi kerja Palang Merah Indonesia (PMI).

"Di Jawa Tengah ada organisasi pemuda Muhammadiyah bernama Mletek Srengenge, yang artinya fajar yang bersinar terang. Organisasi ini melakukan pendampingan kepada para petani dengan pendekatan organik. Saya sedih, bila pemerintah akan menaikkan harga pupuk. Karena dengan pendekatan yang dilakukan para pemuda Muhammadiyah itu, dapat menghemat pengeluaran sebesar 65 persen," tandasnya.

Muktamar XIV Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dilaksanakan pada 21 hingga 26 April 2010, di Vila Melati Putih, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Selain Andi Malarangeng dan Din Syamsudin, juga tampak para pejabat Pemprov Jabar dan Pemkab Bandung Barat dalam acara pembukaan Muktamar, Kamis (22/4) siang.

Kamis, 22 April 2010, 20:07 WIB

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/10/04/22/112527-menpora-organisasi-pemuda-kurang-volunterism

Tidak ada komentar:

Posting Komentar